Jumat

Saung Bandung - Wajib Cicipi Soto Bandung

Restoran yang satu ini menyuguhkan sajian khas bumi Parahyangan. Yang cukup populer, di antaranya adalah soto Bandung, kupat tahu Bandung, dan lotek Bandung. Rasa masakannya pun terbilang cukup enak, kental dengan cita rasa rempah-rempah nusantara.

Saung Bandung hadir di komunitas Serpong, tepatnya di bilangan Ruko Pasar Modern, BSD sejak 5 bulan lalu. Di kota Bandung sendiri, Saung Bandung sudah ada sejak tahun 1998 silam.

“Salah satu tujuan dari dibukanya Saung Bandung di Serpong ini adalah untuk mempopulerkan makanan Bandung. Jadi, di kawasan ini akan semakin banyak pilihan kulinernya,” kata Pengelola Saung Bandung, Rini.

Makanan khas Bandung memang terbilang jarang ada kawasan Serpong. Rini sendiri mengakui hal tersebut. “Di Serpong, tidak banyak restoran yang menyediakan makanan khas Bandung,” ujarnya.

Soto Bandung jadi salah satu menu favorit Saung Bandung yang wajib dicoba. Soto Bandung ini adalah soto dengan kuah bening yang isinya potongan daging sapi, lobak, dan kacang kedelai.

Melihat tampilan, sepintas soto Bandung tampak biasa saja. Isinya tidak terlalu ramai macam soto mie. Tapi begitu dicoba, wuiih rasanya mantap euy. Disajikan saat hangat-hangat kuku, kuah soto Bandung begitu segar dan berkarakter.

Begitu pula dengan dagingnya. Dimasak dengan cara khusus, potongan daging soto Bandung begitu empuk dan berasa bumbunya. Untuk menikmati seporsi soto Bandung, konsumen tak perlu merogoh kocek terlalu dalam. Pasalnya, soto ini hanya dibanderol Rp 17,500 per porsinya.

Nah, selain soto, Saung Bandung juga punya menu lain yang juga khas Bandung, antara lain adalah lotek Bandung, kupat tahu Bandung, rawon dengkul sapi, serta soto ayam khas Bandung, dan juga nasi timbel komplit.

“Soto ayam khas Bandung juga berbeda dengan soto ayam lainnya. Soto ayam Bandung lebih mirip soto Betawi, karena kuahnya yang bersantan. Hanya saja tampilannya lebih berwarna kuning, karena memakai kunyit,” tegas Rini menambahkan.

Untuk minumannya, selain menyediakan aneka minuman ringan dan jus buah, Saung Bandung juga memiliki es teh tarik dan teh tarik panas. Teh yang digunakan, kata Rini, juga teh khas Bandung yang punya rasa istimewa.

Ruang makan Saung Bandung sendiri juga cukup bersih dan nyaman. Ruang makannya mampu menampung pengunjung hingga 30 orang. Dan yang juga tak kalah seru, ketika bersantap di resto yang satu ini, pengunjung akan disuguhkan alunan musik tradisional khas Pasundan. Saung Bandung buka setiap hari, mulai pukul 07.00-21.00 wib.